Jumat, 10 Juni 2011

Pengertian Dari Telnet - Telecommunication network

Telnet (Telecommunication network) merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network.

TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.



Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Layanan remote login adalah layanan yang mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.

Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host. Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet.

Namun demikian, penggunaan remote login Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet.


Telnet digunakan untuk login ke computer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan computer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet.



Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap computer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada computer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

Tugas dari client adalah: 
• Membuat koneksi network TCP(Transfer Control Protocol)dengan server.
    • Menerima inputan dari user
    • Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk 
      format standard dan dikirim ke server.
    • Menerima output dari server dalam format standard.
    • Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.

Sedangkan tugas dari server adalah:
    • Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap 
      menerima koneksi.
    • Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
    • Melaksanakan permintaan tersebut.
    • Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
    • Menunggu permintaan selanjutnya.

Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar