Minggu, 20 Februari 2011

PROTOKOL JARINGAN

Protocol adalah aturan dalam komunikasi jaringan, atau dengan kata lain protocol dapat disebut sebagai bahasa komunikasi jaringan. Seperti halnya kita dalam berkomunikasi, bahasa merupakan sesuatu yang urgent. Jika Anda ingin berkomunikasi dengan orang lain (apalagi dari Negara lain) maka penguasaan bahasa menjadi sesuatu yang “wajib”. Dalam arsitektur jaringan juga diperlukan adanya aturan yang disepakati bersama supaya komunikasi berjalan dengan baik; aturan-aturan komunikasi jaringan inilah yang dinamakan dengan Protocol.

Dalam Local Area Network (LAN) terdapat beberapa jenis Protocol, yang paling terkelanl adalah:
1. NetBEUI / NetBIOS
2. IPX / SPX
3. TCP / IP

NetBEUI / NetBIOS
Menurut ensiklopedia Internet (Wikipedia) NetBEUI singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: NetBIOS Extended User Interface, adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation pada tahun 1985 yang digunakan untuk jaringan lokal (LAN) yang terdiri atas komputer hingga 200 stasiun kerja. Protocol NetBEUI ini sering digunakan dalam sistem operasi Windwos dan sangat baik untuk berbagi sumber daya (seperti file dan printer) dalam jaringan. Tetapi salah salah satu kelemahannya adalah tidak dapat di-routing sehingga hanya dapat bekerja dalam satu jaringan lokal saja.

IPX / SPX
Protokol ini biasanya digunakan pada sistem operasi Novell NetWare dan hampir sama dengan NetBEUI, hanya saja protokol IPX / SPX dapat di-routing.

TCP / IP
TCP/IP adalah protokol yang digunakan dalam jaringan global sebab protokol ini mempunyai sistem pengalamatan lebih baik dibanding dengan protokol yang lain. Oleh sebab itu tidak heran bila TCP/IP merupakan protokol yang paling populer dan banyak digunakan sampai saat ini. TCP/IP sendiri terdiri atas dua versi, yaitu IPv4 dan IPv6. Untuk saat ini yang digunakan adalah IPv4 sedangkan yang IPv6 masih dalam pengembangan.

0 komentar:

Posting Komentar