Senin, 16 Mei 2011

Disk Defragmenter

Pengertian Defrag 

     mengkompilasi ulang atau mengatur isi harddisk sebuah komputer untuk mengoptimalkan kerja komputer tersebut.
Disk Defragmenter
Pengertian:
    Disk defragmenter adalah sebuah Program untuk membantu merapikan penempatan data didalam Harddisk, setelah rapi efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi sehinnga mempercepat loadingnya.

   Fungsi Defragmenter

  
 1.    Defragmenter mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi harddisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam harddisk ataupun error program, windows yang kita pake sekarang ini sangat sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yang berguna menjaga hardware.
2.    Disk Defragmenter merupakan tool bawaan Windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yangterfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan memperlambat sistem.

Kegunaan Disk Defragmenter

    Disk Defragmenter berguna untuk menyusun Kembali urutan-urutan sector (Pecahan atau bagian) dari file atau Folder yang terdapat di dalam Harddisk sehingga memudahkan Windows untuk membaca File atau Folder tersebut.






Cara kerja Disk Defragmenter

      Cara kerja Disk Defragmenter adalah menata kembali file-file yang terdapat pada harddisk. Semua sistem komputer datang dengan beberapa jenis alat pendefragment. Windows biasanya ada di dalam "System Tools".

     Namun yang disediakan oleh Windows terbilang cukup lambat, anda dapat menggunakan beberapa tool diantaranya Auslogics, O&O Defrag Pro DiskDefrag Software.

Untuk menjalankan Defrag yaitu dengan:

1. Tutup semua Aplikasi yang masih terbuka, ini untuk memastikan proses Defragmentberjalan dengan sempurna.

2.  Klik Menu [Start]-[Program]-[Accessories]-[System Tools]-[disk Defragmenter].

3.  Pada daftar nama volume drive, klik salah satu untuk mengaktifkannya.

4.  Kemudian klik tombol analize untuk menganalisa saja atau klik tombol Defragmentuntuk menganalisa sekaligus men-Defrag volume tersebut.

    Cara lain untuk melakukan Defragment yaitu dengan klik kanan partisi Harddisk yang dimaksud, pilih properties, pilih tab tools, pilih Defrag Now, pilih partisi Harddisk yang ingin di Defrag.

0 komentar:

Posting Komentar