Jumat, 20 Mei 2011

File System dalam Sistem Operasi


Definisi File System merupakan struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk. File Sytem menyediakan mekanisme untuk penyimpanan data dan program yang dimiliki oleh sistem operasi serta seluruh pengguna dari sistem komputer. File System terdiri atas dua bagian:

  1. Kumpulan file yang masing-masing menyimpan data-data yang berhubungan.
  2. Struktur direktori yang mengorganisasi dan menyediakan informasi mengenai seluruh file dalam sistem.

Macam-macam File System

FAT (FAT16 dan FAT32)

FAT adalah singkatan dari File Allocation Table. Digunakan awal tahun 80-an dan dikenal sebagai file DOS. Pada awalnya hanya untuk beroperasi pada komputer berkapasitas rendah. FAT mengalami bermacam evolusi, dimana versi awalnya hanya menyokong komputer berkapasitas tidak lebih dari 32 MB untuk setiap bagian/partisi, kemudian terus berkembang hingga 528 MB dan terus meningkat sampai 2 GB.
Kekurangan FAT16
·         Kurangnya ruang penyimpanan. Tidak ada tambahan program atau file terutama bagi yang menggunakan sistem dengan Windows95 dan mempunyai hard disk melebihi 512 MB.
·         Tidak efektif. Ukuran cluster yang besar menyebabkan terjadinya pemborosan.
·         Tidak efisien dalam susunan file dan meminta user sering melakukan defrag agar mendapatkan cluster sebelumnya yang tidak terpakai sepenuhnya.
·         Ukuran maksimum disk yang dapat disokong FAT16 dalam hard disk adalah 2 GB.
Cara Penyimpanan Data
Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstal komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam hard disk yang dinamakan cluster.
Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa hard disk diformat.
Keunggulan FAT32
·         Menggunakan 32 bits untuk merepresentasikan cluster.
·         Menyediakan ukuran drive lebih besar, bahkan sampai dengan 2 TB.
·         Menggunakan tempat lebih efisien. FAT 32 menggunakan ukuran cluster yang lebih kecil ($ KB cluster untuk ukuran drive 8 GB), lebih efisien dibandingkan FAT16.
·         FAT32 lebih kuat. FAT32 dapat menampung folder utama dan dapat menggunakan backup copy dari tabel alokasi file dari pada default copy.
·         FAT32 lebih fleksibel. Folder utama pada FAT32 adalah rantai grup biasa. Jadi dapat ditempatkan dimana pun pada drive dan tidak ada lagi batasan jumlah masukan untuk folder.

NTFS

NTFS adalah singkatan dari New Technology File System. Beberapa keunggulan NTFS adalah:
·         Reliability
Satu hal yang penting dari sebuah file system yang serius adalah bahwa file system tersebut harus dapat pulih kembali dari masalah tanpa kehilangan data hasil. Disini NTFS mencegah hilangnya data dan memperkecil toleransi dari kesalahan dalam processing.
·         Security dan Access Control
Kelemahan dari FAT adalah ketidakmampuan mengontrol akses file atau folder dari hard disk, sehingga memungkinkan pihak luar untuk mengubah data pada suatu sistem jaringan.
·         Breaking Size Barriers
Karena pada sistem FAT dalam hal ini FAT16 tidak dapat mempartisi lebih dari 4 GB, sedang NTFS didesain untuk partisi yang jauh lebih besar.
·         Storage Efficiency
·         Long File Names
·         Networking
·         Storage Fault Tolerance
·         Multiple Data Stream
·         Unicode Names
·         Improved File Attribute Indexing
·         Data Compression
·         Encryption
·         Reparse Points

ZFS

File system ZFS adalah file system baru revolusioner yang secara fundamental mengubah bagaimana mengadministrasi suatu file system. Dengan fitur dan keuntungan yang tidak ditemukan pada file system manapun. ZFS didesain untuk menjadi file system yang scalable, mudah di administrasi dan bersifat robust

EXT2

EXT2 adalah singkatan dari Second Extended File System. Dirancang oleh Remy Card sebagai file system yang ekstensibel dan powerful untuk digunakan pada sistem operasi Linux. Ext 2 merupakan file system yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Linux.
Kemampuan dasar Ext2
·         File system Ext2 mampu menyokong beberapa file yang standar dari UNIX, seperti regular file, directories, device special files, dan symboloc links.
·         Ext2 mampu mengatur file-file system yang dibuat dalam partisi yang besar.
·         Mampu menghasilkan nama-nama file yang panjang.
·         Memerlukan beberapa blok untuk super user.
Kemampuan tambahan Ext2
·         Mampu menyokong beberapa ekstensi yang biasanya tidak diberikan dalam file system UNIX.
·         Atribut-atribut dari file memperbolehkan user untuk mengubah perilaku kernel pada waktu bekerja pada suatu set file.
·         Seseorang dapat mengatur atribut-atribut dalam suatu file atau direktori.

0 komentar:

Posting Komentar