Sabtu, 14 Mei 2011

MENGATASI PRINTER DOT MATRIX


Mengatasi Masalah Printer Dot Matrix Dibandingkan printer jenis lain, printer dot matrix termasuk printer yang tahan banting dan mudah dioperasikan. Kerusakan yang sering terjadi, umumnya pada printhead. Pada pemakaian normal, printhead dapat mencetak sampai 150-200 juta pukulan. Pemakaian pita printer yang kurang baik dapat mempercepat kerusakan dan korosi pada printnead. Kornpatibilitas dari suatu printer juga perlu diperhatikan, sebab adakalanya perangkat lunak tidak mengenal suatu merek printer
Langkah2 Troubleshooting printer dot matrix
Skenarionya, sebuah pc terhubung dengan sebuah printer dot matrix, melalui port lpt1. Tetapi pada saat digunakan tidak berjalan, padahal sebelumnya berjalan dengan baik alias tidak bisa nge-print. bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikannya ?
1. Pastikan printer menyala/ on, dan tidak ada indikator error atau pause.
2. Pastikan kabel terhubung dengan baik.
3. Coba ketikan perintah dir > prn atau dir > lpt1
4. Apabila masih tidak bisa, maka coba lihat di menu Control Panel > Printer lalu klik kanan icon printer yang dimaksud, pada menu yang muncul apakah pilihan pause printing terdapat tanda centang/ cecklist, jika ia hilangkan, dan coba langkah no 3
5. Jika tidak bisa juga maka coba pada langkah no 4, icon printer diklik ganda, dan lihat apakah terjadi spooling atau tidak , jika ya, maka hapus dengan menggunakan tombol delete. Setelah spooling hilang, coba lagi langkah ke 3.
6. Jika belum bisa, coba matikan printer, tekan tombol pause, tahan, komputer dinyalakan lagi, setelah printer nyala baru tombol pause dilepaskan. maka printer akan melakukan self test.
7. Jika masih belum bisa juga maka restart PC, dan masuk ke BIOS menu, dan pastikan option Pararel Port tersetting dengan benar. Kembali ke windows, dan coba dengan langkah ke 3.
8. Jika masih belum bisa ngeprint, coba masuk dos mode, ketikan perintah net use diikuti dengan enter. Jika terdapat lpt1 di route maka nonaktifkan dengan perintah net use lpt1 /delete diikuti dengan enter. lakukan langkah ke-3.
9. Bila sakit berlanjut, Langkah terakhir yang bisa saya share adalah tanyakan kepada akhlinya .
ering kali kita menghadapi masalah hasil print out bergaris atau tidak muncul sama sekali. Hal ini sering dijumpai pada printer yang telah dimodifikasi dengan infus ataupun catridge telah di isi ulang (refill). Permasalahan ini muncul karena tinta infus atau tinta isi ulanga akan cenderung untuk lebih mudah mengering. Efeknya print head menjadi mampet.
Jangan bingung, untuk mengatasi hal ini beberapa tips sederhana bisa dilakukan.
1. Cobalah melakukan pencegahan dengan tidak membiarkan printer tidak dipakai lebih dari satu minggu. Bahkan sebaiknya kalaupun tidak ada pekerjaan sama sekali, biasakan melakukan print test setiap dua hari sekali ataupun paling lambat satu minggu sekali. Printer yang tidak dipakai menyebabkan aliran tinta tidak lancar dan ujungnya head mengalami penyumbatan.
2. Apabila memang sudah tersumbat, jangan panik. Untuk langkah awal bagi yang masih awam jangan coba-coba melepaskan head untuk di cleaning manual dengan air panas atau alkohol – resikonya terlalu besar. Mudahnya lakukan cleaning dengan software anda bisa cari di google dengan keyword: resetter, clean print head dll. Untuk printer Epson ada software yang sangat powerfull: SSC service utility yang bisa download di http://www.ssclg.com/epsone.shtml
Install program ini, dan dengan beberapakali click anda akan bisa melakukan hal-hal berikut ini:
1. Mengatasi print head yang mampet: masuk pada menu Head Cleaning, lakukan black head celaning, color head cleaning atau dengan jurus pamungkas Powerfull Cleaninng.
2. Melakukan Reset Counter
3. Melakukan Reset Protection
4. Mempertahankan/mengembalikan level tinta.
Saya telah mencobanya untuk EPSON CX2800 milik saya yang mampet tinta hitamnya. Dengan Powerfull Clean bisa lancar kembali. Alhamdulillah…
Instal Printer Lokal
* Klik My Computer yang terletak pada desktop.
* Klik folder Printers.
* Klik Add Printer.
* Ikuti Instruksi Add Printer Wizard.
o Klik Next.
o Klik Lokal Printer dan menemukan pabrikan Local Printer di Produsen daftar.
o Cari printer di Printers daftar.
o Klik Next.
o Klik Next.
o Klik Ya untuk mencetak halaman
Instal Printer Jaringan
* Klik My Computer yang terletak pada desktop.
* Klik folder Printers.
* Klik Add Printer.
* Ikuti Add Printer Wizard Instruksi
o Klik Next.
o Klik Printer Jaringan.
o Jika Anda mencetak dari Cosmo, Klik Ya untuk “Apakah Anda mencetak dari MS-DOS Based Program?”; jika tidak, klik No
o Klik Browse.
o Double-klik MATC pohon (Pohon yang icon).
o Klik ganda MATC
+ Setelah Anda klik MATC, Anda akan disajikan dengan lokasi kampus (mis., MILW) dan konteks (yaitu, ADMIN)
o Klik ganda MILW (atau lokasi kampus) Double-klik ADMIN.
Gulir ke bawah atau ke NDPS dan double-klik pada server yang Anda tentang.
Klik pada jaringan atau printer yang anda ingin menginstal dari daftar.
+ Catatan: Printers diberi nama dengan cara berikut. Huruf pertama adalah kampus, diikuti oleh jumlah kamar, dan kemudian printer nomor.
o Klik OK.
o Klik Next.
o Klik Yes jika hal ini menjadi printer default.
o Klik Ya untuk mencetak halaman.
+ Test Page Jika tidak mencetak, klik ‘Tidak’ dalam “Apakah Test Page Cetak kotak dialog?” dan ikuti solusi pemecahan masalah.
Setup printer \ Trouble-shooting PDF Cetak E-mail
Printer dapat dijalankan baik dari Fedelta Server atau Fedelta POS untuk kenyamanan. JavaPOS dan OPOS printer yang didukung. Ada 2 persyaratan setup untuk tiap Printer:
1. Periksa konfigurasi \ jpos.xml untuk jenis printer yang memastikan bahwa port \ alamat setup dengan benar.
Untuk OPOS Printers pastikan Anda mengubah entri berikut di dalam JavaPOS jpos.xml (baris yang tidak perlu telah dihilangkan):
Dalam contoh ini Anda akan perlu untuk memasukkan “Bridge” (tanpa tanda kutip) ke dalam preferensi JavaPOS nama sebagai editor. Anda dapat menyalin nama dan ini masukan untuk membuat beberapa OPOS Printers jika diperlukan (pastikan logis nama yang unik untuk masing-masing). The oposName ( “TM-T88III”) harus diubah ke perangkat nama setup di OPOS digunakan.
Pastikan Anda telah berhasil diuji dengan perangkat OPOS utilitas seperti ini tidak didukung.
2. Meluncurkan Preferensi Editor dari [Instalasi Direktori] \ bin \ config.bat. Pastikan bahwa printer jenis JavaPOS atau standar. Memastikan bahwa Printer Javapos Nama ditentukan persis seperti mengetik di logicalName dalam jpos.xml file sesuai dengan printer yang disyaratkan.
Berikut ini adalah kami rekomendasikan printer dan sesuai konfigurasi. Tabel daftar dispwich bank diikuti beralih untuk masing-masing diperlukan untuk ON. Semua orang lain harus OFF.
Model Serial Ethernet
TMT88III 1-7 (9600 Baud) 2-2 (Autocutter) 2-8 (Paralel)
U220 2-2 (Autocutter) 2-8 (Paralel)

0 komentar:

Posting Komentar