Senin, 02 Mei 2011

KUNCI JAWABAN

JAWABAN SOAL ESSAY
  1. Jaringan computer adalah kumpulan dari computer, printer, dan perangkat lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan membentuk suatu system tertentu.
  2. Perbedaan hub dan Switch , dari segi kecepatannya,Hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat dari pada Switch.Hub mempunyai kecepatan 100 Mbps sedangakan Switch sudah dikembangkan sampai 1 Gbps.
  3. Repeater merupakan perangkat jaringan yang akan mengulang-ulang
    (repeat) sinyal yang berupa paket data dari satu port ke port yang lain yang saling
    terhubung (Berg,1998).
4. 1. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

    2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekata atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.

3. Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakuka halini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Wireless (Jaringan tanpa kabel), jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. 
5.Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.
6. o  Bus,Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan .
o  Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin.
o  Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB.
o  Pada topologi Tree, setiap hirarki jaringan tidak memiliki kedudukan yang sama, tetapi ada top dan down seperti diagram pohon, dan terminal menguasai kedudukan yang paling tinggi.
o  Topoogi Mesh,topologi ini menghubungakan semua komputer sehingga setiap client atau komputer dalam jaringan mesh dapat berhubungan secara langsung.
7. type –type jaringan:
  • Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
  • Peer to Peer adalah salah satu Type jaringan yang mengunakan 2 tau lebih computer,computer tersebut mempunyai kapasitas yang sama.
8. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
9. TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.

JAWABAN SOAL PILIHAN
1.      B
2.      B
3.      C
4.      C
5.      B

0 komentar:

Posting Komentar